Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat materi atau zat dari ukuran atomik sampai ukuran molekuler, perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Peran ilmu kimia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

ilmu kimia berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang lain, khususnya ilmu pengetahuan alam seperti biologi, fisika, geologi, astronomi, metalurgi, elektronika, kedokteran, farmasi, pertanian, dan teknik industri.
Selain itu, ilmu kimia juga memunculkan banyak cabang ilmu baru, misalnya kimia fisika, geokimia, biokimia, kimia nuklir, dan lain sebagainya. Karena itulah, ilmu kimia memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kebutuhan hidup manusia.

Peran Ilmu Kimia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

1. Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah memahami betapa pentingnya ilmu kimia bagi kehidupan manusia, perlu diketahui juga bahwa ilmu kimia memiliki berbagai peran di kehidupan manusia. Yang pertama adalah peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia bagi kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai cara memecahkan masalah, menggunakan sesuatu, membuat makanan, dan lain sebagainya.

2. Peran ilmu kimia dalam bidang energi dan lingkungan

Sumber energi di dunia saat ini adalah minyak bumi dan batu bara (energi fosil) yang diperkirakan akan habis antara 50-100 tahun yang akan datang. Oleh karena itu, para ahli kimia melakukan berbagai penelitian untuk menciptakan sumber energi alternatif pengeluaran sgp untuk mengatasi krisis energi yang mungkin terjadi di masa depan.

Energi matahari merupakan salah satu sumber energi alternatif yang sangat menjanjikan. Jumlah energi matahari yang masuk ke bumi setiap tahun mencapai 10 kali lipat dibandingkan seluruh energi yang disumbangkan oleh batu bara, gas, minyak, dan energi nuklir.

3. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Pertanian

Di bidang pertanian, ilmu kimia ini sangat penting. Hal ini karena ilmu kimia tersebut dapat diterapkan atau dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah dan memecahkan masalah, mulai dari pembuatan pupuk, pencegahan hama, dan lain sebagainya yang penting untuk masalah pertanian.

Ilmu kimia juga penting untuk meningkatkan kesuburan tanah dan bagaimana cara tepat pemberian nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar para petani dapat memanen tanaman dengan lebih baik. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan industri pangan bahan pangan yang optimal ketika hasil panen maksimal.

4. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Kesehatan dan Farmasi

Bagi bidang kesehatan dan farmasi, ilmu kimia juga memiliki peran sentral atau peran yang sangat penting. Di bidang kesehatan, ilmu kimia dimanfaatkan untuk mempermudah para dokter atau ahli dalam melakukan diagnosis penyakit yang mana ilmu kimia mempelajari masalah genetika untuk metode pengobatan kesehatan, misalnya membuat alat cuci darah dan bahkan, ilmu kimia juga penting untuk bekal ahli membuat materi sintesis tulang dan gigi.

5. Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Industri

Di bidang industri, ilmu kimia sangat penting dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya industri pangan. Dalam hal ini, ilmu kimia menjadi alat bantu untuk meningkatkan mutu dan juga persediaan pangan dan juga penggunaan. Selain itu, ilmu kimia di bidang industri juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai mesin besar yang membutuhkan logam baik.