Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Wartawan Harus Seimbang Menulis Berita, Ardhi : Pers Harus Sehat dan Profesional

Banner IDwebhost

RealitaJayaSakti.com, Wonogiri – Dalam menjalankan tugasnya, Pemerintah sangat membutuhkan peran aktif Wartawan yang memiliki fungsi sebagai sosial kontrol di tengah masyarakat. Karena itu, peningkatan kapasitas wartawan harus terus ditingkatkan demi terciptanya pers yang sehat dan profesional.

Pesan tersebut disampaikan oleh Pemilik Media online dan cetak Media Realita News Jawa tengah, Ardhi Solehudin, menyikapi maraknya isu keberadaan oknum wartawan yang meresahkan masyarakat karena dalam pemberitaan tidak akurat dan berimbang dalam menyajikan pemberitaan seperti yang lagi heboh di Kabupaten Wonogiri saat ini.

“Saya menyadari bahwa untuk menjalankan aktivitas sebagai profesi wartawan yang berkualitas dibutuhkan kontrol dan pengawasan yang ketat dan akurat. Karena itu, saya berharap wartawan dapat lebih cerdas dalam menilai setiap proses dan hasil yang di dapat dari narasumber,” ujarnya.

Ardhi berharap dan mengharapkan, seluruh wartawan meski berbeda organisasi yang menaunginya tetap harus tampil kompak dan bersatu agar mampu melahirkan program program berkualitas bagi wartawan itu sendiri.

Baca Juga :   Kasdam IV/Diponegoro Pimpin Acara Taklimat Akhir Audit Pemanfaatan Aset BMN

Ia juga berpesan agar wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik harus tetap berpedoman pada Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

“Saya yakin, semakin profesional para wartawan dalam menjalankan tugasnya, maka semakin kecil peluang terjadi komplik antara media atau insan pers dengan pihak pihak yang diberitakan.” tuturnya.

Ia juga menekankan agar wartawan tetap menjaga dan merawat perdamaian melalui pemberitaan yang jauh dari unsur penghasutan dan rekayasa.

“Setiap informasi harus ditulis dan disampaikan dengan bijak agar berita tersebut tidak memunculkan kekisruhan di masyarakat,” kata Ardhi.

Menurutnya, sikap dasar wartawan yang pertama adalah kejujuran. Itu harus diperhatikan. Kemudian yang kedua adalah nilai integritas. Nilai nilai integritas ada sembilan, antara lain jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Nilai tersebut yang harus dimiliki oleh wartawan.

“Jadi integritas sendiri nilainya ada 9, makanya wartawan harus mempunyai semua itu. Yang terakhir juga penting, yaitu setia pada keadilan. Ini harus dilakukan dimana wartawan atau pers sebagai pilar ke 4 demokrasi itu harus benar-benar ditanamkan didalam jiwa seseorang wartawan,” kata Ardhi.

Baca Juga :   Cegah Balap Liar, Sat Lantas Polres Lebak lakukan Patroli Rutin

Selain itu, Ardhi juga mengajak wartawan bergerak, mengangkat kearifan lokal, pariwisata, kuliner, dan berbagai aspek demi kemajuan daerah.

Oleh karena itu, Ardhi juga mengajak wartawan untuk tetap menjaga nama baik medianya dengan senantiasa menjunjung tinggi sikap profesional,” Begitu pula dengan rekan rekan LSM marilah kita sama sama menjunjung tinggi AD/ART, agar terciptanya berorganisasi yang baik, sehingga sama-sama bisa menguntungkan untuk masyarakat, Pemerintah serta organisasi,” tutupnya. ( Red )

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan