Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tower Jaringan Seluler Telkomsel dan Internet di Kecamatan Simo Boyolali Terbakar

Banner IDwebhost

Realita Jaya Sakti,Boyolali – Sebuah tower jaringan internet dan seluler (BTS) di Kecamatan Simo terbakar, tepatnya di Simo Baru Rt 02/01,Desa Simo,Kecamatan Simo, Boyolali,kejadian kebakaran selter milik telkomsel terbakar diketahui pada hari selasa 30/11/2021 sekira pukul 09 10 wib.

Saksi ,01.DHOHRIEB SUMANTO, 67 Th, Laki-laki, Islam, Swasta, Alamat : Simo Baru Rt. 21 /01, Ds. Simo, Kec. Simo, Kab. Boyolali.

02.LAUDY DEAN, 39 th, Laki-laki, Islam, Swasta, Alamat : Simo Baru Rt. 21 / 01, Ds. Simo, Kec. Simo, Kab. Boyolali.

Korban dan Pelapor dari PT Telkomsel.

Kronologi :

Pada hari Selasa tgl. 30 Nopember 2021 sekira jam : 09.00 Wib Saksi 1 dan 2 mendengar suara letusan dari arah tower Telkomsel kemudian saksi 1 dan 2 mendekati arah letusan dan melihat selter telkomsel keluar asap dan mengeluarkan suara letusan kemudian saksi 1 mendatangi Polsek Simo untuk melaporkan kejadian tersebut dan setelah saksi 1 kembali ke lokasi tower Telkomsel dan melihat selter sudah terbakar dan mengeluarkan asap tebal.

Total kerugian :Rp. 350.000.000,- ( tiga ratus lima puluh juta rupiah )

Penyebab Diduga mesin didalam selter panas karena AC untuk pendingin mesin diganti dengan exhouse Selasa (30/11/2021) siang.

Baca Juga :   Koramil 0102/Cadasari Kodim 0601/Pandeglang Gelar Baksos Bedah Rumah Warga Cigadung

Api diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari ruang panel yang berisi rangkaian elektronik.

Kebakaran itu juga mengakibatkan kaca gedung olah raga Desa Simo yang ada disebelahnya pecah.

Menurut salah satu warga Dukuh Simo, Desa/Kecamatan Simo, kebakaran ini terjadi sekira pukul 09.30 WIB.

Ia menuturkan, saat itu warga sekitar dikagetkan dengan suara letusan dari tower yang diikuti dengan kepulan asap hitam pekat membumbung tinggi, keluar dari bangunan tempat penyimpanan rangkaian elektronik.

” Keluarnya asap hitam itu disusul munculnya jilatan api yang membakar atap, kemudian dalam waktu singkat api itu semakin membesar,” kataya.

Sebelum ada asap yang membumbung tinggi, lanjut dia, warga sekitar sudah mendengar beberapa kali suara gemeretak dan letusan dari bangunan di bawah tower.

Baca Juga :   Tampil All Out, Andalas FC Peringkat Dua Final Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 Di Tingkat Kodam IV/Diponegoro

“Sebelum api menjalar hebat, memang terdengar beberapa kali suara gemeretak dan letusan dari dalam gedung,” ujarnya.

Bahkan sejak satu jam sebelum terjadinya kebakaran, suara gemeretak dan letusan seperti petasan itu semakin sering terdengar. Namun warga tidak ada yang menduga bahwa suara itu berasal dari area tower.

“Warga mengira suara itu berasal dari pengerjaan proyek pembangunan GOR Desa Simo Saya kira dari bangunan GOR Desa Simo. Tapi tiba-tiba saja ada kepulan asap dan kobaran api dari tower,” katanya.

Warga sekitar yang mengetahui terjadinya kebakaran itu, hanya bisa melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi setempat.

“Lha mau bagaimana lagi, karena lokasinya tertutup. Warga tidak bisa melakukan pemadaman secara manual. Karena air dari rumah tak bisa menjangkau bangunan tersebut,”jelasnya.

Api yang berkobar itu baru padam sekitar 45 menit kemudian, setelah dua unit PMK Pemkab Boyolali datang ke lokasi melakukan pemadaman api.

Baca Juga :   Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Sementara itu, Kapolsek Simo AKP Purnomo mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan kebakaran tersebut.

Berdasarkan oleh tempat kejadian perkara (TKP), penyebab kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik.

” Dugaan sementara akibat adanya hubungan arus pendek listrik didalam gedung berisi elektronik yang ada di bawah Tower,” pungkasnya.

( Red )

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan