Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Tiga Prioritas Perbaikan Jalan Tol Lampung – Palembang Menjelang Mudik Lebaran 2022

Banner IDwebhost

RealitajayaSakti.Com, Palembang – Memanfaatkan waktu libur pada Jum’at (15/4/22) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja melakukan tinjauan lapangan ke Jalan Tol Trans Sumatera untuk memastikan perbaikan kondisi Jalan Tol dari Lampung hingga Palembang berjalan dengan baik dan dilalui kendaraan dengan aman dan nyaman mendukung pelaksanaan arus Mudik Lebaran 2022.

Ruas Tol yang dilakukan pemeriksaan yakni Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140 Km), Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 Km), dan Jalan Tol Kayu Agung – Kramasan (38 Km).

Dalam kunjungannya saat melakukan pengecekan, Menteri Basuki mengatakan terdapat tiga prioritas perbaikan ruas Tol Lampung hingga Palembang. Pertama diketahui saat ini perbaikan material Jalan Tol karena mutu beton mengalami penurunan. Lalu yang kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan ini akan diperbaiki setelah Idul Fitri untuk menghindari kondisi jalan macet saat arus mudik Lebaran.

“Kemudian prioritas ketiga, perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton. Memang kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik, tetapi juga menjadi jalan utama masyarakat khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi di wilayah Sumatera,” ujar Menteri Basuki saat melakukan pengecekan.

Baca Juga :   Serdik Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah Polri Angkatan 62 Adakan Bhakti Sosial

Menteri Basuki mengatakan, pada beberapa segmen jalan tol ini sempat mengalami kerusakan dan secara bertahap dilakukan rekondisi dan rekonstruksi yakni di antaranya seperti perbaikan lapisan perkerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan, dan lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

“Saat ini secara fungsional dari titik nol sampai km 252 sudah baik, siap untuk digunakan untuk mudik Lebaran 2022 mendatang. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran ditargetkan rampung,” kata Menteri Basuki.

Baca Juga :   Gelar Di Dua Titik, Team Drive Thru Polsek Bayah Bersama PKM Bayah Gebyar Vaksin Presisi Anak 6-11 Tahun Sasar Siswa/I Sekolah Dasar

Kementerian PUPR telah berkoordinasi bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya yang mengelola ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 Km telah melakukan perbaikan dengan progres 100%. Untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km juga telah dikerjakan perbaikan kerusakan dengan progres 90%. Seluruhnya dipastikan akan tuntas sebelum H-10 Lebaran.

Selanjutnya BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol yang mengelola Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Bentung ruas Kayu Agung – Kramasan sepanjang 38 Km, telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya km 355+950 dan km 349+900. Basuki menyampaikan secara keseluruhan ruas tol Bakauheni Lampung hingga Palembang siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di Pulau Sumatera.

Hadir pula mendampingi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan Budiamin, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Maryadi Utama, Kepala BPJN Lampung Rien Marlina, Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto, Direktur Utama Waskita Toll Road Destiawan Soewardjono, dan Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto.

(Red athar lauma)

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan