Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

PW PII DKI Jakarta melakukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sharing Knowledge dan Field Visit ke Jakarta International Stadium

Banner IDwebhost

 

REALITAJAYASAKTI.COM,JAKARTA – Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia DKI Jakarta (PW PII DKI Jakarta) sebagai Organisasi Profesi di bidang Keinsinyuran melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), sebagai bagian dari Program Kerja tahun 2022. PKB kali ini dengan mengadakan Sharing Knowledge dan Field Visit ke Jakarta International Stadium (JIS) pada tanggal 19 Maret 2022.

Pemilihan lokasi JIS ini mengingat Kerja Keinsinyuran dalam pembangunan JIS menggunakan teknologi kekinian yang digunakan dalam pembangunan mega struktur.

Kegiatan PKB ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri atas Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang di wilayah DKI Jakarta dan dihadiri oleh Wakil Sekjen Pengurus Pusat PII, Bapak Dandung S. Harninto mewakili Ketua Umum PII. Pemateri dalam Sharing Knowledge dari PT. Jakarta Propertindo (Perseroda) diwakili Bapak M. Rizky Fauzi (Construction Manager) dan Wakil dari Kontraktor Rancang Bangun: KSO PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (Wika Gedung), PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (Jaya Konstruksi) dan PT. Pembangunan Perumahan Tbk. (PP).

Materi yang disampaikan mencakup: Proyek JIS secara umum dan Pengelolaan Proyek, Pengelolaan Desain dan Engineering beserta Penggunaan Building Information Management (BIM), Perencanaan Arsitektur yang memenuhi Standar Kemenpora dan FIFA untuk Stadion sepakbola klasifikasi penonton lebih dari 50 ribu (kapasitas JIS adalah 82 ribu penonton), Sistem Ketekniksipilan khususnya Heavy Lifting Roof Structure (bobot rangka 3.900 ton dengan panjang bentang atap 270 meter), Sistem Mekanikal, Elektrikal dan Plambing (MEP) termasuk penerapan sebagai Green Building.

Antusiasme peserta dalam diskusi -setelah picuan paparan dari pemateri- dengan pertanyaan terkait integrasi stadion dengan lingkungan sekitar termasuk transportasi, pengelolaan proyek yang menggunakan BIM sebagai system informasi, pemanfaatan energi surya dalam penyediaan kebutuhan listrik, monitoring struktur setelah pemasangan, system keselamatan dan keamanan terutama dalam hal proteksi kebakaran.

Baca Juga :   Respon Cepat Polresta Tangerang atas Laporan Dugaan Kasus Pelecehan Wartawan dan LSM

Hal lain yang menjadi materi diskusi adalah sistem design & build korelasi dengan nilai proyek. Diskusi yang dijadwalkan 2 jam, berkembang menjadi 3 jam dengan menyisakan pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Salah satu yang disampaikan Bapak Dandung adalah kebanggaan atas kerja keinsinyuran dalam pembangunan JIS ini perlu didokumentasikan, dengan dibangun semacam Education Center yang mencatat setiap proses dalam pengelolaan proyek JIS.

Ketua PW PII DKI Jakarta, Bapak P. Bambang Hernowo, dalam penutup selesai diskusi menyatakan, “Mengingat antusiasme dari peserta, PW PII DKI Jakarta akan mengadakan Webinar untuk materi-materi khusus terkait dengan Keinsinyuran sebagai tindak lanjut PKB ini”.

PKB ini diakhiri dengan Field Visit ke fasilitas-fasilitas JIS yaitu ruang ganti pemain, tribun VIP dengan platform nya, media center, ruang konferensi pers. Akhirnya ditutup dengan foto bersama di Landmark JIS, yang memperlihatkan kemegahan JIS yang menjadi kebanggaan warga DKI Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya, sebagai salah satu karya anak bangsa.(ari/Red)

Ir. Priyatno Bambang Hernowo, ST., MM., IPU., AER.
Ketua Pengurus Wilayah PII Provinsi DKI Jakarta

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan