Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
OPINI  

Perjalanan dalam Menggapai Mimpinya

Banner IDwebhost

Realita Jaya Sakti,Porworejo-Anastasia Kinanti Putri, atau yang akrab disapa Kinan atau Kinanti ini lahir di Purworejo, 3 Juni 2001, yang merupakan seorang mahasiswa semester 5 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Kinan lahir dari seorang ibu yang bernama Theresia Sri Wahyuni dan ayahnya yang bernama Petrus Khanel Suparno (Alm). Kinan merupakan anak ketiga dari 5 bersaudara. Saat ini Kinan berdomisili atau bertempat tinggal di sebuah indekos bernama Kost Putri Wisma Rosari di Jalan Paingan 2 No. 123 A, RT 6 RW 5, Krodan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY.

Walaupun terlahir dari keluarga yang sederhana, dari sosok Ibu yang bekerja sebagai pedagang sayur dan sudah tidak memiliki sosok Ayah namun Kinan selalu bekerja keras dalam menggapai mimpinya dan rajin dalam beribadah. Dibalik itu Kinan juga sosok wanita yang hebat dan mandiri karena Kinan tidak pernah ingin menyusahkan orang tuanya bahkan Kinan tidak pernah bergantung dengan orangtuanya, oleh karena itu Kinan menempuh pendidikannya dengan rajin dan bersungguh-sungguh. Kinan juga dikenal sebagai sosok yang baik, ramah , dan lembut sehingga Kinan selalu dipuji akan sifatnya, baik dilingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah.

Dibalik Kinan yang seperti itu ada sosok Ibu yang suportif dan penuh kasih sayang sehingga membuat Kinan menjadi anak yang pintar, sopan, dan mempunyai cita-cita yang tinggi sejak kecil. Ibunya selalu mendukung penuh keinginannya hingga menjadikan Kinan tumbuh menjadi anak yang membanggakan. Cita-citanya dari semasa kecil cukup beragam, mulai dari pelukis, penulis dan juga seorang dokter. Namun dewasa ini, Kinan menaruh minat pada bidang ilmu data yang membuat Kinan ingin menjadi seorang Data Scientist.

Kinan adalah siswa teladan dan berprestasi di sekolahnya. Sejak kecil hingga duduk di bangku Sekolah Menengah Atas ( SMA), ia selalu berprestasi. Prestasi yang dicapainya sangatlah luar biasa dan sangat jarang orang dapat mempertahankan prestasi tersebut. Kinan berhasil membahagiakan orang tuanya dan mampu menjadi contoh bagi adik-adiknya. Selama menempuh pendidikan di bangku SD Kinan selalu menduduki peringkat 3 besar di sekolah, lalu selama menempuh pendidikan di bangku SMP ia juga menduduki peringkat 10 besar di angkatannya dan mulai mengikuti organisasi seperti OSIS selama dua periode, menjabat sebagai seorang Sekretaris, selain itu ia juga pernah berkesempatan mengikuti lomba melukis, lomba cipta puisi, lomba mading, dan juga lomba pbb. Sedangkan selama menempuh bangku di SMA Bruderan Purworejo, Kinan mengikuti OSIS, PMR, dan juga PASKIB. Selain itu, Kinan juga mengikuti beberapa perlombaan dan mendapatkan juara, seperti lomba mural, lomba cipta puisi, dan lomba pembuatan antologi puisi dengan tema “ menolak korupsi ” di tingkat Nasional.

Ketika selesai menempuh pendidikan SMA, ia lulus dengan nilai yang memuaskan. Bahkan, saat menempuh pendidikan di Universitas pun sekarang Kinan juga tetap berprestasi . Beberapa prestasi yang ia peroleh yaitu juara 2 lomba Esai di kampus dan lomba Antologi Puisi Kemanusiaan-Barenti Pasrah yang diselenggarakan oleh Jaringan Perempuan Indonesia Timur ( JPIT ) pada tahun 2020.

Tak hanya itu, Kinan juga aktif dalam organisasi-organisasi yang ada dikampus seperti organisasi HIMA Informatika di Divisi Pengabdian Maasyarakat, HIMA Bidikmisi LLDIKTI di Divisi Kominfo, Divisi Humas Gathering Himadika, Divisi Acara Sharing Session with LPDP Awardee UPI, Divisi Acara Training TOEFL with Himadika, Moderator Inspiration Sharing Podcast Himadika, Divisi Sekretaris, dan masih banyak lagi. Selain itu Kinan juga pernah menjadi Campus Ambassador Internship At International Model United Nations dan Asisten Dosen mata kuliah Dasar-dasar Komputer.

Dibalik prestasi dan pengalaman dalam menempuh pendidikan yang telah Kinan lalui selama ini tentunya juga mengalami berbagai rintangan dan cobaan yang mana hal itu memberikan berbagai kesan, suka maupun duka bagi Kinan sendiri.

“ Suka duka selama menempuh pendidikan saya selama ini, dari sukanya yaitu saya dapat berkesempatan untuk menambah relasi dan pengalaman baru, saling bertukar informasi untuk menambah wawasan dan belajar membagi waktu antara hobi dan tugas. Dukanya saat ini, yaitu tugas dan proyek kuliah membutuhkan upaya lebih untuk menyelesaikannya.” ujar Kinan

Tidak hanya itu, Kinan juga mengatakan ada suatu pengalaman yang memberikan kesan tersendiri bagi Kinan dan hal itu merupakan pengalaman yang paling berkesan bagi Kinan. “ Pengalaman yang paling berkesan bagi saya baru-baru ini yaitu mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh fakultas saya. Bentuk kegiatannya memberikan pelatihan kepada guru di sekolah dasar mengenai Zoom, Google Meet, Excel, dan masih banyak lagi.” ujar Kinan

Kinan juga berkata cara Kinan menyikapi pengalaman yang telah Kinan dapatkan. “ Cara saya menyikapi berbagai pengalaman yang saya dapatkan adalah rasa syukur untuk kesempatan berkembang melalui hal-hal tersebut. Saya selalu mau belajar dari orang lain, dan berterimakasih atas setiap kesempatan, terutama apabila orang-orang yang telah bekerja bersama saya mau memberikan kritik bahkan saran demi kemajuan diri saya.” ujar Kinan

Baca Juga :   Dua Sisi Jurnalisme Siber Catatan Hendry Ch Bangun

Selain itu, selama ini Kinan juga selalu memindset dirinya bahwa dia masih perlu belajar banyak hal untuk dapat mencapai cita-citanya, meskipun Kinan telah memperoleh berbagai prestasi serta pengalaman . Kinan juga selalu berkeinginan belajar di negeri orang, memperluas relasi, dan menjadi generasi berdampak merupakan targetnya sampai sekarang. “Keinginan untuk diri sendiri saat ini lebih mengarah ke self-improvement dimana saya ingin mengembangkan diri dengan mencoba banyak hal baru dan menantang diri sendiri untuk berani menghadapi perubahan. Sedangkan keinginan untuk orang tua, yang pasti ingin orangtua saya selalu sehat dan bahagia.” ujar Kinan mengenai keinginannya

“ Bagi saya, keberhasilan dan kelancaran untuk mencapai sesuatu yang kita dambakan bukan tentang bagaimana kita melihat hasil saat kita sudah mendapatkannya, tetapi menikmati bagaimana kita berproses dalam mencapai keberhasilan tersebut. Ada kalanya kita perlu jatuh dulu untuk lalu bangkit dari kegagalan yang dialami. Percaya diri saja, optimis bahwa jika kita mau berusaha, kita pasti bisa memperoleh apa yang kita cita-citakan. Kuncinya, jangan menyerah. Dukungan dari orang di sekitar memang sangat diperlukan, tapi dukungan dari sendiri menjadi motivasi paling penting.” Itulah yang Kinan sampaikan untuk kita bagaimana pandangannya dalam mengapai mimpinya selama ini.

“ Hidup percaya diri dengan jujur dan disiplin merupakan prinsip yang saya pegang teguh dalam setiap langkah saya dalam menggapai segala impian. Ketertarikan saya akan banyak hal dan berani mencoba berbagai pengalaman baru membuat prinsip tersebut berperan sangat penting sampai kapan pun.” ujar Kinan tentang dirinya dan moto dalam hidupnya selama ini

Dari semua lika-liku dalam kehidupan pendidikan untuk mengapai mimpinya, Kinan mengajak kita jangan pernah takut untuk bermimpi dan mumpunyai cita-cita yang tinggi. jatuh bangun pasti ada, tetapi jika kita mau berusaha dan tidak mudah menyerah serta merasa tertantang, maka impian dan cita-cita kita akan semakin dekat dengan kita dan tentunya hal itu akan semakin mudah untuk kita meraihnya serta mendapatkannya.

Baca Juga :   Sekitar 400 Jurnalis Tewas Selama Lima Tahun Terakhir

(Red)

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan