Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Mengenang Jasa – Jasa Pahlawan Melalui Pameran Seni Rupa

Banner IDwebhost

Realita Jaya Sakti,Surabaya-Setiap tahun pada tanggal 10 November, negara Indonesia diingatkan dengan jasa – jasa pahlawan melalui peringatan Hari Pahlawan. Namun selama ini, Hari Pahlawan seakan lewat begitu saja tanpa agenda partikular. Dan kebanyakan masyarakat hanya mengetahui beberapa pahlawan saja, padahal banyak pahlawan nasional yang tesebar di seluruh Indonesia.

Sebagau upaya ‘mengisi’ agenda Hari Pahlawan tahun 2021, Pendhapa Art Space hadir membawakan seri keempat program “Representasi” dengan pameran seni rupa bertajuk “Representasi #4 Pahlawan Nasional”. Pameran ini menampilkan karya- karya dengan gaya realis yang mengungsung tema “Pahlawan Nasional”.

Pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang apresiasi untuk mengenal kembali pahlawan nasional yang dimiliki Indonesia, serta wujud bela negara dalam ranah seni rupa. Pameran dibuka mulai tanggal 10 November – 10 Desember 2021, pukul 10.00 – 20.00 WIB di Pendhapa Art Space Jl. Prof. Dr. Wirjono Projodikoro. Sampai saat ini pameran yang diselenggarakan di Pendhapa Art Space terlihat sepi, tidak banyak pengunjung yang datang.

Sejumlah 15 perupa diundang secara khusus, sedangkan undangan terbuka diberikan pada semua perupa dari seluruh Indonesia dengan system seleksi. Setelah mengkaji setiap karya terdapat 3 sub-kuratorial. Sub-kurasi yang pertama “Bhennika” terdapat 43 karya, sub-kurasi ini untuk menunjukan luar biasanya para pahlawan Indonesia.

Sub-kurasi kedua “10 November”. Sub-kurasi ini menjadi personifikasi visual para pejuang yang turut berperang dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sub-kurasi ini hanya diisi oleh karya pematung Ambar Pranasmara, pelukis/illustrator Setyo Budiono dan pelukis Edy Marga.

(Red_ari)

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan