Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

HIMAQUA FP Unimal Selenggarakan seminar Nasional dan Rekorwil HIMAPIKANI Wilayah 1 Sumatera

Banner IDwebhost

Realita Jaya Sakti.Com,Lhokseumawe-Himpunan Mahasiswa Aquaculture (Himaqua) Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional (Semnas) dan Rapat evaluasi dan Koordinasi Wilayah (Rekorwil) 1 Sumatera, yang mana kegiatan ini di hadiri oleh beberapa Universitas yang ada di pulau Sumatra, dan kegiatan ini di selenggarakan di gedung Gor Acc cunda Universitas Malikussaleh [15/12/2021]

Kegiatan ini di laksanakan bertujuan untuk memperkenalkan potensi sumber daya perikanan di provinsi Aceh khususnya di Aceh Utara dan Lhoksuemawe. Untuk meningkatkan peran aktif Mahasiswa dalam sektor perikanan di indonesia, adapun tema yang di angkat dalam seminar yaitu “Persiapan Millenial Hadapi Inovasi Perikanan di Era Industri 4.0” acara ini berlangsung selama 4 hari, yaitu tanggal 15 s/d 19 Desember 2021(Ujar Afrizal Ketua Panitia)

Kegiatan ini diadakan sebagai wadah silaturrahmi mahasiswa perikanan indonesia terutama dari wilayah 1 Sumatera, tentunya kegiatan Semnas dan Rekorwil ini dj hadiri oleh mahasiswa Universitas yang didalamnya ada jurusan perikanan se sumatera yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) wilayah 1 Sumatera Sejumlah 27 Universitas.

Adapun narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional yaitu Nano Hartanto M.Aq direktur pembenihan Kementerian Kelautan dan perikanan(KKP), Muslim, S.Hi.,M.M. (Anggota DPR RI Komisi IV) Dapil Aceh II, Dr. Ir. H. Abdullah Puteh, M.Si (Wakil ketua komite DPD RI), Dr. Prama Hartami, S.Pi.,M.Si (Ketua Program Studi Akuakultur Universitas Malikussaleh).Dan acara ini dipandu oleh Munammad Hatta S.Pi.,M.Si (Dosen prodi Akuakultur)

Baca Juga :   Bebas Bersyarat, Habib Rizieq Pulang ke Petamburan

Dalam pemaparan pemateri bapak abdullah puteh mengajak para milenial perikanan se indonesia dapat menjadi garda terdepan dalam sektor perikanan karena peran mereka sangat dibutuhkan di era industri 4.O semoga dengan ada acara seperti mahasiswa perikanan se indonesia dapat mengaplikasikan langsung kepada daerah masing” setelah acara selesai

Muslim, S.Hi.,M.M. (Anggota DPR RI Komisi IV) dalam pemaparan pematerinya berharap setelah acara ini dapat melahirkan wirausaha muda yang siap bersaing di Nasional maupun Skala internasional apalagi di tengah pandemi covid-19 peluang usaha perikanan sangat strategis untuk dikembangkan di indonesia.

Dr. Prama Hartami, S.Pi.,M.Si (Ketua Program Studi Akuakultur Universitas Malikussaleh) Dalam pematerinya menyampaikan pengembangan sektor budidaya ikan hias lokal di Aceh maupun Indonesia perlu perhatian dari akademisi terutama mahasiswa sebagai media sosialisasi dan motor penggerak di masyarakat

Nano Hartanto M.Aq direktur pembenihan Kementerian Kelautan dan perikanan(KKP) dalam pemaparannya mengajak mahasiswa yang tergabung dalam himapikani dapat bersinergi bersama kkp dalam mewujudkan harapan nelayan indonesia dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan melalui penguatan komunitas-komunitas unggulan berorientasi pada ekspor yang merupakan hasil dari riset.

Baca Juga :   Sowan Tokoh Agama, Ditbinmas Ajak Bersinergi Menyikapi Lonjakan Kasus Covid-19

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Malikussaleh bidang Kemahasiswaaan yaitu bapak DR. Baidawi S.P,. M.P dalam sambutannya mengucapkan selamat Datang Kepada seluruh delegasi di Bumi Pasee dan mengapresiasi Himpunan Mahasiswa Aquaculture (Himaqua) yang telah menyelenggarakan acara ini demi terwujudnya harapan masyarakat perikanan di indonesia khususnya Aceh. (Ujarnya)

Kemudian di sambung dengan sambutan dari Wakil Dekan III FP Universitas Malikussaleh bapak Hendrival S,P,. M,P kegiatan yang menjadi acara terakhir pada tahun ini yang mana acara ini juga pernah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Aquaculture (Himaqua) ini adalah prestasi yang luar biasa untuk Himpunan Mahasiswa Aquaculture (Himaqua) yang terus berjuang untuk muwujudkan Tridarma Perguruan Tinggi dan semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat melahirkan inovasi terbaru di sektor perikanan di indonesia (Ujar nya)

Ketua umum Himpunan Mahasiswa Aquaculture (Himaqua) Baitul Ilma Dalam sambutannya Mengucapkan terimakasih kepada kepanitiaan, Mahasiswa akuakultur, alumni Dan Ikabudi, dan seluruh Dosen Akuakultur serta semua pihak yang telah memberikan dukungan moral dan moril sehingga terselenggaranya kegiatan ini, harapannya setelah kegiatan ini terlaksana, semua pihak dapat menjalin tali silaturahmi yang lebih erat antar delegasi demi terwujudnya harapan nelayan dan para perikanan di indonesia, terutama di aceh sendiri. (Ujarnya)

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Malikussaleh, Wakil Dekan III FP Universitas Malikussaleh, Dosen prodi Akuakultur FP, Dosen ilmu Kelautan FP, Bem Fakultas Se Unimal, HMJ se Unimal, UKM se Unimal, dan juga di hadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Utara, DKPP Lhokseumawe, DKP Bireuen, dan istansi lainya.

(Red)

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan