Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Hadiah Istimewa Ukraina untuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Isinya Mengejutkan Warganet

Banner IDwebhost

RealitaJayaSakti.Com,Semarang – Ukraina mendapat atensi publik internasional karena sedang berkonflik dengan Rusia. Walhasil, seluruh poin yang berkaitan dengan Ukraina dan Rusia, menjadi bahan pembicaraan yang tak pernah putus. Ada yang pro, namun banyak juga yang kontra dengan konflik di kawasan tersebut.

Lepas dari urusan nun jauh di sana, ternyata ‘jejak’ Ukraina pernah sampai juga di Jawa Tengah (Jateng). Lebih istimewa lagi, momen tersebut melibatkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.
Namun, satu yang pasti, perjumpaan orang nomor satu di pemprov Jateng itu tak ada hubungannya dengan konflik yang sekarang terjadi. Maklum, acara spesial itu terjadi pada 3 Desember 2021.

Ketika itu, Ganjar Pranowo mendapat kunjungan dari Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin. Mereka bertemu di kantor gubernur Jateng, dan membahas berbagai hal, yang ternyata berada di luar kebiasaan sebuah kunjungan.
“Baru seumur-umur menerima dubes seperti ini. Kalau biasanya langsung membicarakan masalah terkait kerja sama dan bisnis, kali ini berbeda,” kata Ganjar Pranowo.

Saat itu, Dubes Vasyl Hamianin memberikan komentar yang mengagetkan sekaligus membuat wajah Ganjar semringah. Bagaimana tidak, Sang Dubes mengatakan, Jawa Tengah adalah satu daerah yang paling penting di Indonesia.
“Orang-orang Ukraina tahu Jateng adalah jantung dan jiwa Indonesia,” tegas Vasyl Hamianin. Ia menceritakan, sekarang di Ukraina banyak buku-buku tentang sastra dan budaya Indonesia.

Baca Juga :   Diduga Masyarakat Desa Batu Mempertanyakan Bantuan BPNT Yang Tidak Di Terima

Uniknya lagi, masyarakat Ukraina secara umum, punya kemauan untuk belajar tentang pahlawan. Satu yang mengejutkan, mereka bukan belajar pahlawan negaranya, melainkan pahlawan dari Jawa dan pahlawan Indonesia.

Vasyl Hamianin mengungkapkan, sebagian masyarakat Ukraina mengenal sosok legendaris seperti Pangeran Diponegoro sampai Jenderal Soedirman. “Kami juga mengenal kalau Majapahit dan Mataram adalah awal atau pondasi dari negara Indonesia sekarang,” sebutnya.

Baca Juga :   Kakanwil Kemenkumham Jateng Gelar Tasyakuran HBP ke-58

Nah, ada satu momen yang membuat Ganjar Pranowo sempat menunjukkan ekspresi terkejut. Hal itu terjadi setelah Vasyl Hamianin menyebut nama-nama yang mungkin orang Jateng sendiri jarang membahas, seperti Joyoboyo dan Raden Ronggowarsito.

Vasyl Hamianin mengakui, naskah-naskah karya mereka sudah ada dalam bahasa Ukraina. Terakhir, Ganjar Pranowo semakin terkejut, karena mendapat hadiah spesial, yakni buku Poestakaradja Poerwa beraksara jawa.

“Karena memang kerja sama antar negara bukan sekadar urusan bisnis atau investasi. Tapi utk sama-sama mengangkat harkat dan martabat kita sebagai manusia. Pak Dubes Ukraina ini luar biasa. Semoga cara-cara seperti ini bisa menular dan memberi manfaat yg lebih besar untuk kita semua,” jelas Ganjar Pranowo.

Seperti diketahui, krisis di Ukraina yang sedang menghadapi serbuan Rusia menjadi atensi internasional. Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan perang dengan Ukraina pada Rabu (23/2/2022). Rusia langsung melakukan operasi militer khusus untuk melemahkan militer Ukraina.
Hal itu langsung terlihat ketika suara ledakan yang berasal dari artileri menghantam Kharkiv, Odessa, Mariuol dan Kiev. Kini, situasi semakin chaos, yang membuat dunia internasional bereaksi. [Red-CH]

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan