Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Angelina Sondakh Bebas : Saya Meminta Maaf Kepada Seluruh Rakyat Indonesia

Banner IDwebhost

 

 

REALITAJAYASAKTI.COM,JAKARTA – Angelina Sondakh keluar dari Lapas Perempuan Jakarta hari ini. KPK mengatakan pelaku korupsi yang telah selesai menjalani masa tahanan diharapkan menjadi pembelajaran bagi semua pihak.
“Para pelaku korupsi yang telah selesai menjalani hukumannya tentu menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tidak melakukan hal yang sama,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (3/3/2022).

Ali berharap Angelina Sondakh dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai korupsi. Pesan itu salah satunya mengenai ancaman hukum akibat korupsi itu nyata.

“Kami berharap para mantan narapidana korupsi tersebut juga dapat menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat bahwa efek jera dari hukuman akibat korupsi itu nyata ada,” katanya.

Perbuatan korupsi, kata Ali, tidak hanya berimbas pada pelaku korupsi itu sendiri. Tapi perbuatan itu juga akan berdampak pada keluarga dan kerabat.

Baca Juga :   Akibat Anaknya Diperingatkan Agar Jangan Buang Air Besar di Sumur, Sutarko Marah dan Brutal Lakukan Kekerasan Terhadap Seorang Janda

“Tidak hanya berimbas pada diri sendiri sebagai pelaku, akan tetapi juga tentu terhadap keluarganya, kerabat, dan lingkungan sekitarnya,” sebutnya.
Ali menambahkan, tidak hanya akan memenjarakan pelaku, KPK juga akan berfokus pada pemulihan aset korupsi sehingga bisa kembali ke nagara.

“Ke depan, KPK tidak hanya memenjarakan pelaku korupsi. Namun juga lebih fokus terkait bagaimana pemulihan aset hasil korupsi dapat kembali pada negara sebagai bagian efek jera,” tutur Ali.
“Upaya yang dilakukan melalui optimalisasi peran Unit Asset Tracing pada Direktorat Pengelolaan Barang bukti dan Eksekusi/Labuksi maupun Unit Forensic Accounting pada Direktorat Deteksi dan Analisis Korupsi dalam men-support kerja sejak pada proses penyelidikan maupun penyidikan dan penuntutan hingga persidangan perkara korupsi,” imbuhnya.
Angelina Sondakh akhirnya keluar dari Lapas Perempuan Jakarta dan menghirup udara bebas hari ini. Setelah keluar dari lapas, Angelina Sondakh berkeliling dan menyambangi sejumlah tempat di Jakarta.

Baca Juga :   Tergiur Upah Gratis Konsumsi Sabu, Pengedar Narkoba Ditangkap Satresnarkoba Polresta Tangerang

Angelina Sondakh menjalani pidana di Lapas Perempuan Jakarta terhitung mulai 27 April 2012. Dia dihukum penjara dalam kasus anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau dikenal dengan kasus Wisma Atlet.

Angelina Sondakh dihukum penjara 10 tahun, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, dan uang pengganti Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta subsider 4 bulan 5 hari.
Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti menyebut uang denda Rp 500 juta telah dibayar lunas oleh Angie, sementara dari hukuman uang pengganti itu, Angie telah membayar Rp 8.815.972.722, sisa Rp 4.538.027.278 yang akan diganti dengan hukuman kurungan 4 Bulan 5 hari. [Red-CH].

Baca Juga :   Curi Ratusan Juta Uang Nasabah, Resmob Polda Banten Sikat Gerombolan Spesialis Congkel Pintu Mobil

 

Banner IDwebhost Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan